top of page

Parent teacher association

Public·14 members

Contoh Soal Toefl Itp



Aplikasi yang dikembangkan oleh Busber ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu media untuk mengerjakan berbagai latihan soal TOEFL ITP. Aplikasinya bisa diunduh secara gratis baik di Android maupun iOS, guys.




Contoh Soal Toefl Itp


Download File: https://www.google.com/url?q=https%3A%2F%2Fmiimms.com%2F2tUzI8&sa=D&sntz=1&usg=AOvVaw1X2NAGw0XMnOPmv9p5bRAT



1. Mari kita ambil alokasi level 1 dengan komposisi materi listening 50 soal, structure and written expression 40 soal, serta reading sebanyak 50 soal. Nah, seperti tabel di atas, dari ketiga bagian tersebut peserta akan mendapat nilai antara 20 s.d 68.


Jadi skor yang kamu dapat adalah 620. Artinya, untuk mendapat nilai tersebut, kamu harus menjawab soal listening section dengan benar sebanyak 48 soal, structure and written expression sebanyak 38 soal, serta reading section sebanyak 40 soal.


Pada TOEFL ITP Structure Test yang memiliki bagian-bagian tersendiri, penting untuk mengetahui strategi menguasainya dengan mengerjakan berbagai latihan soal. Sebab, semakin banyak latihan soal yang dilakukan, semakin cepat kamu mendapatkan skor yang diinginkan!


Menurut laman ets.org, bagian tes TOEFL ITP Level 2 atau structure and written expression ini dirancang untuk mengukur kemampuan kamu mengenali bahasa yang sesuai untuk bahasa Inggris tertulis standar. Ada 2 jenis pertanyaan di bagian ini dengan petunjuk khusus untuk setiap jenisnya. Simak latihan soal dan kunci jawabannya di bawah ini!


Halo sobat freeschool semua, apa kabar nih? Hari ini saya akan sedikit berbagi pengalaman tes TOEFL ITP, dan membahas beberapa contoh soal yang muncul di tes TOEFL ITP. Saya juga ingin membagikan beberapa tips pengerjaan soal serta hal-hal yang berkaitan dengan teknis pelaksanaan tes. Sebelum kita membahas soal-soal, ijinkan saya menceritakan kronologi tes TOEFL ITP saya yang pertama ini. Semua berawal ketika saya melihat-lihat formasi tes CPNS 2021 yang baru saja dibuka. Kebetulan, ada satu jabatan yang memang sangat cocok dengan passion saya, jadi saya putuskan untuk mengikuti tes CPNS tahun ini. Tes CPNS sendiri diawali dengan seleksi administrasi. Salah satu berkas yang dipersyaratkan instansi untuk jabatan saya ini memang sertifikat TOEFL yang masih berlaku dengan skor minimal 500.


Listening Comprehension yang diujikan saat tes TOEFL ITP kemarin jauh lebih mudah dari yang saya kira. Hal ini karena tidak seperti tes-tes yang sebelumnya pernah saya ambil, Listening Comprehension TOEFL ITP menyertakan pertanyaan di question booklet-nya, dan memudahkan kita untuk menggunakan strategi eliminasi. Pertanyaan yang ada di test booklet juga memungkinkan kita untuk fokus mencocokkan keyword di soal dan jawaban, tanpa harus bersusah payah dengan strategi prediksi seperti yang biasanya kita lakukan. Meski Listening Comprehension ini jauh lebih mudah dari yang saya perkirakan, sebenarnya ada juga beberapa hal yang membuatnya lebih sulit dari biasanya.


Soal listening yang muncul di TOEFL ITP sangat tidak predictable dan syarat dengan element of surprise. Biasanya, ada beberapa soal listening yang bisa saya jawab meskipun audio belum diputar (yeah, you heard it right, sebelum audio diputar). Kalau pun tidak bisa prediksi jawaban sedetail itu, setidaknya saya masih bisa mengeliminasi dua opsi jawaban yang pasti salah dengan mengandalkan logical assumption, yang berarti saya memiliki dua jawaban yang kemungkinan benar atau dengan kata lain, kemungkinan jawaban benar saya adalah 50%. Di Listening Comprehension TOEFL ITP, strategi ini hampir tidak bisa diterapkan sehingga saya tidak punya pilihan lain selain adjusting strategy. Selain soal yang sulit tidak terduga, Listening Comprehension TOEFL ITP juga lebih sulit karena percakapannya lebih panjang, terutama di Part B (long conversation) dan Part C (long talks). Durasi percakapan Part A-nya cenderung sama dengan tes yang selama ini saya ikuti.


Soal seperti di atas adalah tipe soal yang bisa langsung dijawab meski kita belum mendengarkan audio. Sobat pasti bertanya-tanya kan, bagaimana kita bisa mengerjakan soal listening tanpa mendengarkan audio? Tentu saja bisa dengan strategi prediction. Jawaban yang benar pada soal di atas bisa diprediksi dengan mempertimbangkan fakta bahwa tidak mungkin ada lebih dari satu jawaban yang benar dalam satu soal. Kita bisa fokus pada asumsi logis tiap opsi jawaban dan mengeliminasi tiga opsi jawaban yang logikanya sama dan pasti salah. Perhatikan uraian berikut ini.


Meski belum mendengar audio, kita tahu kan kalau opsi (B), (C) dan (D) pada contoh di atas pasti salah, karena asumsinya sama, yaitu muridnya yang marah. Tapi ini jutsu rahasia kita ya, jangan bilang siapa-siapa ?


Jadi sama seperti contoh soal sebelumnya, kita tahu opsi (A) dan (C) salah karena kesimpulan dari pernyataan she failed because she did not study for the exam dan she had to take a remedial test like everybody else adalah si perempuan tidak lolos ujian. Karena tidak mungkin ada dua jawaban yang sama di satu soal, kita tahu bahwa opsi (A) dan (C) pasti salah. Nah, opsi (B) ini masih bisa benar atau salah tergantung audionya nanti. Opsi (D) memiliki kesimpulan yang benar, yaitu si perempuan lolos ujian. Opsi (B) dan (D) ini hampir sama dan memang digunakan untuk mengecoh. Yang membedakan dua opsi jawaban ini adalah alasan mengapa si perempuan lolos ujian. Dari opsi (B) kita tahu bahwa ia mungkin akan lolos ujian karena faktor keberuntungan, sementara opsi (D) jelas menyatakan bahwa si perempuan sudah lolos ujian karena memang ia mempersiapkan diri. Karena si perempuan mengatakan ia sudah belajar dan mengerjakan latihal soal, maka jawaban yang paling tepat bagi contoh soal di atas adalah opsi (D).


Kalau soal-soal seperti contoh di atas saya yakin pasti sobat bisa mengerjakan, apalagi kalau sobat sudah sering berlatih soall-soal TOEFL di freeschool.id ?. Yang menjadi persoalan adalah munculnya beberapa soal yang bukan hanya sulit, tapi juga sangat menjebak, seperti pada contoh berikut ini.


Dari kata kunci books yang dikatakan oleh pembicara kedua, kita tahu bahwa opsi (A) dan (C) pasti salah. Yang membuat saya bingung saat mengerjakan soal ini adalah, opsi jawaban (B) dan (D) yang memiliki kemungkinan benar karena kita sedang membicarakan buku, dan library serta bookstore adalah dua tempat yang identik dengan buku.


Di sini sebenarnya saya lagi hoki karena saya ingat apa yang dikatakan pembicara pertama (si laki-laki). Ya memang sih, kita harus fokus pada pembicara kedua saat mengerjakan Listening Comprehension Part A. Tapi memang ada pengecualian bagi jenis soal di atas. Soal di atas memang mirip film thriller yang memiliki plot twist, seperti The Sixth Sense. Kalau sobat tidak memperhatikan latar belakang cerita dari awal, ya pasti jadi pusing mengikuti alur filmnya, belum lagi ending-nya sangat membagongkan ?.


Soal seperti ini sangat menjebak karena sobat harus berpikir dua kali untuk menemukan jawaban yang paling benar. Kita tidak bisa mengandalkan informasi mengenai buku yang diberikan oleh pembicara kedua, sehingga kita juga harus mencari informasi lain dari pembicara pertama. Kalau kita tidak ingat apa yang dikatakan pembicara pertama, ya bisa gawat. Apalagi keterangan yang diberikan oleh pembicara pertama bersifat implisit, dengan artian si laki-laki tidak secara jelas mengatakan dia akan membeli buku untuk anaknya, tapi mencari hadiah ulang tahun untuk anaknya. Di sini logical assumption berperan cukup penting untuk menentukan apakah lelaki itu memang sedang berada di perpustakaan atau toko buku. Saya sempat shocked dengan soal ini, tapi ya sudahlah at least soal ini masih bisa diselesaikan dengan asumsi logis meski awalnya membingungkan.


Section 2 pada TOEFL ITP tidak jauh berbeda dengan tes-tes yang sebelumnya saya ambil. Tingkat kesulitannya pun tidak jauh berbeda. Satu hal yang membuat saya panik adalah pengisian LJK yang mengharuskan kita untuk mengarsir bulatan kecil-kecil. Saya sudah lama tidak mengisi LJK dan sekarang sudah tidak terbiasa, baru mengisi beberapa nomor saja tangan saya langsung pegal dan geringgingan alias kesemutan. Arsiran LJK di listening juga banyak yang saya arsir sebagian dan asal-asalan sebagai penanda saja, dan baru saya sempurnakan bulatannya ketika saya sudah selesai mengerjakan Structure and Written Expression yang bisa selesai dalam waktu sekitar 10 menit. Karena waktu pengerjaan Structure and Written Expression adalah 25 menit, jadi saya masih ada waktu 15 menit untuk mengarsir bulatan-bulatan di soal listening juga. Mengarsir LJK ini sebenarnya sangat satisfying sekali, tapi karena ada timer-nya saya jadi gugup dan tidak bisa menikmati suara esrek-esrek ujung pensil 2B di kertas LJK.


Soal ini berkaitan dengan complex sentence, yaitu kalimat yang memiliki klausa utama dan klausa terikat. Hal ini jelas terlihat dari penggunaan dua kata kerja yang berbeda, yaitu copular verb is dan verb breaks. Complex sentence adalah tipe soal yang sering muncul di Structure and Written Expression sehingga penting bagi sobat untuk memahaminya. Penggunaan complex sentence sendiri memiliki aturan yang jelas sehingga sobat tidak perlu khawatir. Salah satu jenis klausa terikat yang perlu sobat pelajari adalah Adverbial Clause yang muncul pada soal nomor 1. Adverbial Clause sendiri digunakan sebagai pengubah bagi Verb, Adjective dan Adverb.


Salah satu ciri dari Adverbial Clause adalah penggunaan Conjunction atau Relative Pronoun when, as, although, because, dan lain sebagainya. Karena opsi (A), (C), dan (D) tidak memiliki Conjunction atau Relative Pronoun, kita tahu bahwa tiga opsi itu pasti salah. Jawaban yang tepat bagi contoh soal di atas adalah opsi (B) yang memiliki Conjunction as, dan kalimat seharusnya ditulis sebagai berikut:


Pada kalimat tersebut, Adverbial Clause as it breaks the sound barrier menjadi pengubah bagi Past Participle produced, dan menjelaskan bahwa dua hal itu terjadi secara bersamaan (simultaneous). Dalam sebuah kalimat, Adverbial Clause menjelaskan hubungan sebab-akibat, pertentangan, waktu, tujuan, syarat, cara, dan perbandingan. Perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini. 350c69d7ab


https://soundcloud.com/jdupgwgyia1978/need-for-speed-underground-nocd

https://soundcloud.com/kurzvolmere1972/syscad-downloads-better

https://soundcloud.com/asimedhiyaap/youtube-downloader-crack-downloader

https://soundcloud.com/tiomiswellnu1986/3ds-max-9-free-best-download

About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
bottom of page