top of page

After school activities

Public·3 members

Mengenal Perilaku Organisasi dari Perspektif Stephen P. Robbins dan Timothy A. Judge (Edisi 16)



Perilaku Organisasi Stephen Probbins Pdf 14: Apa yang Perlu Anda Ketahui




Perilaku organisasi adalah salah satu bidang ilmu yang mempelajari perilaku manusia di dalam organisasi. Perilaku organisasi mencakup berbagai aspek, seperti motivasi, kepemimpinan, komunikasi, konflik, budaya, kepuasan kerja, dan lain-lain. Perilaku organisasi sangat penting untuk dipahami karena dapat mempengaruhi kinerja, efektivitas, dan kesejahteraan organisasi dan anggotanya.




perilakuorganisasistephenprobbinspdf14



Salah satu buku yang terkenal dalam bidang perilaku organisasi adalah Organizational Behavior karya Stephen P. Robbins dan Timothy A. Judge. Buku ini telah diterbitkan dalam berbagai edisi dan bahasa, termasuk bahasa Indonesia dengan judul Perilaku Organisasi. Edisi ke-16 dari buku ini diterbitkan oleh Salemba Empat pada tahun 2014 dengan ISBN 978-979-061-515-1.


Apa yang Dibahas dalam Buku Perilaku Organisasi Stephen Probbins Pdf 14?




Buku Perilaku Organisasi Stephen Probbins Pdf 14 terdiri dari 18 bab yang membahas berbagai topik terkait perilaku organisasi. Berikut adalah ringkasan singkat dari setiap bab:


  • Bab 1: Pengantar Perilaku Organisasi. Bab ini menjelaskan pengertian, ciri-ciri, unsur, prinsip, macam, dan budaya organisasi. Bab ini juga membahas tentang model perilaku organisasi dan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh organisasi di era globalisasi.



  • Bab 2: Dasar-Dasar Persepsi dan Pembelajaran Individu. Bab ini membahas tentang konsep persepsi dan faktor-faktor yang memengaruhinya, seperti karakteristik stimulus, karakteristik situasi, dan karakteristik individu. Bab ini juga membahas tentang proses pembelajaran individu dan teori-teori pembelajaran yang relevan dengan perilaku organisasi.



  • Bab 3: Nilai-Nilai, Sikap, dan Kepuasan Kerja. Bab ini membahas tentang konsep nilai-nilai, sikap, dan kepuasan kerja serta hubungan antara ketiganya. Bab ini juga membahas tentang faktor-faktor yang memengaruhi nilai-nilai, sikap, dan kepuasan kerja individu di dalam organisasi.



  • Bab 4: Kepribadian dan Emosi. Bab ini membahas tentang konsep kepribadian dan emosi serta pengaruhnya terhadap perilaku individu di dalam organisasi. Bab ini juga membahas tentang teori-teori kepribadian dan emosi serta cara mengukur dan mengelola keduanya.



  • Bab 5: Motivasi: Dari Konsep ke Aplikasi. Bab ini membahas tentang konsep motivasi dan teori-teori motivasi yang berkaitan dengan perilaku organisasi. Bab ini juga membahas tentang aplikasi motivasi dalam konteks pekerjaan, seperti desain pekerjaan, sistem penghargaan, fleksibilitas waktu kerja, dan partisipasi karyawan.



  • Bab 6: Motivasi: Dari Teori ke Praktik. Bab ini melanjutkan pembahasan tentang motivasi dengan menekankan pada praktik-praktik motivasi yang efektif di dalam organisasi. Bab ini juga membahas tentang faktor-faktor yang memengaruhi motivasi karyawan, seperti keadilan organisasional, harapan karyawan, tujuan karyawan, dan komitmen karyawan.



Bab 7: Dasar-Dasar Kelompok dan Tim Kerja. Bab ini membahas tentang konsep kelompok dan tim kerja serta perbedaan antara keduanya. Bab ini juga membahas tentang proses-proses kelompok dan tim kerja, seperti pembentukan, perkembangan, struktur, norma, kohe


  • Bab 8: Komunikasi. Bab ini membahas tentang konsep komunikasi dan proses komunikasi di dalam organisasi. Bab ini juga membahas tentang arah, media, dan gaya komunikasi serta hambatan-hambatan dan cara-cara meningkatkan komunikasi efektif di dalam organisasi.



  • Bab 9: Pengambilan Keputusan Individu dan Kelompok. Bab ini membahas tentang konsep pengambilan keputusan dan model-model pengambilan keputusan yang digunakan oleh individu dan kelompok di dalam organisasi. Bab ini juga membahas tentang faktor-faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan, seperti rasionalitas, intuisi, kreativitas, emosi, dan etika.



  • Bab 10: Kepemimpinan dan Pengaruh. Bab ini membahas tentang konsep kepemimpinan dan pengaruh serta perbedaan antara keduanya. Bab ini juga membahas tentang teori-teori kepemimpinan dan pengaruh serta faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas kepemimpinan dan pengaruh di dalam organisasi.



  • Bab 11: Konflik dan Negosiasi. Bab ini membahas tentang konsep konflik dan negosiasi serta perbedaan antara keduanya. Bab ini juga membahas tentang sumber-sumber, tingkat-tingkat, jenis-jenis, dan dampak-dampak konflik serta cara-cara mengelola konflik di dalam organisasi. Bab ini juga membahas tentang proses, strategi, taktik, dan hasil negosiasi serta cara-cara meningkatkan keterampilan negosiasi di dalam organisasi.



  • Bab 12: Budaya Organisasi. Bab ini membahas tentang konsep budaya organisasi dan elemen-elemen yang membentuk budaya organisasi. Bab ini juga membahas tentang fungsi-fungsi, sifat-sifat, tipe-tipe, dan dampak-dampak budaya organisasi serta cara-cara menciptakan, memelihara, dan mengubah budaya organisasi.



  • Bab 13: Perubahan Organisasi dan Manajemen Stres. Bab ini membahas tentang konsep perubahan organisasi dan manajemen stres serta hubungan antara keduanya. Bab ini juga membahas tentang sumber-sumber, jenis-jenis, proses, strategi, hambatan-hambatan, dan dampak-dampak perubahan organisasi serta cara-cara mengelola perubahan organisasi secara efektif. Bab ini juga membahas tentang sumber-sumber, jenis-jenis, gejala-gejala, akibat-akibat, dan cara-cara mengatasi stres di dalam organisasi.



  • Bab 14: Perilaku Organisasi di Dunia Global. Bab ini membahas tentang konsep globalisasi dan dampaknya terhadap perilaku organisasi. Bab ini juga membahas tentang tantangan-tantangan yang dihadapi oleh organisasi global, seperti perbedaan budaya nasional, keragaman tenaga kerja global, kerjasama lintas batas negara, adaptasi produk dan layanan global, serta etika global.



  • Bab 15: Perilaku Organisasi di Era Digital. Bab ini membahas tentang konsep teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan dampaknya terhadap perilaku organisasi. Bab ini juga membahas tentang tantangan-tantangan yang dihadapi oleh organisasi digital, seperti perubahan struktur organisasi, perubahan proses kerja, perubahan pola komunikasi, perubahan perilaku karyawan, serta isu-isu etika digital.



Bab 16: Perilaku Organisasi di Era Pandemi Covid-19. Bab ini membahas tentang konsep pandemi Covid-19 dan dampaknya terhadap perilaku organisasi. Bab ini juga membahas tentang tantangan-tantangan yang dihadapi oleh organisasi di era pandemi Covid-19, seperti penyesuaian dengan protokol kesehatan,





  • Bab 17: Perilaku Organisasi di Era Industri 4.0. Bab ini membahas tentang konsep industri 4.0 dan dampaknya terhadap perilaku organisasi. Bab ini juga membahas tentang tantangan-tantangan yang dihadapi oleh organisasi di era industri 4.0, seperti perubahan paradigma bisnis, perubahan kompetensi karyawan, perubahan model organisasi, perubahan sistem manajemen, serta perubahan budaya organisasi.


  • Bab 18: Perilaku Organisasi di Era Society 5.0. Bab ini membahas tentang konsep society 5.0 dan dampaknya terhadap perilaku organisasi. Bab ini juga membahas tentang tantangan-tantangan yang dihadapi oleh organisasi di era society 5.0, seperti perubahan visi dan misi organisasi, perubahan nilai dan etika organisasi, perubahan hubungan antara manusia dan teknologi, perubahan hubungan antara organisasi dan masyarakat, serta perubahan hubungan antara organisasi dan lingkungan.



Kesimpulan




Perilaku organisasi adalah bidang ilmu yang sangat penting dan menarik untuk dipelajari karena dapat memberikan pemahaman dan wawasan tentang perilaku manusia di dalam organisasi. Perilaku organisasi juga dapat memberikan panduan dan rekomendasi bagi para manajer dan praktisi organisasi untuk mengelola dan meningkatkan kinerja, efektivitas, dan kesejahteraan organisasi dan anggotanya.


Buku Perilaku Organisasi Stephen Probbins Pdf 14 adalah salah satu buku referensi yang sangat bermanfaat dan populer dalam bidang perilaku organisasi. Buku ini menyajikan berbagai konsep, teori, model, aplikasi, studi kasus, dan isu-isu terkini yang berkaitan dengan perilaku organisasi. Buku ini juga ditulis dengan gaya yang mudah dipahami, menarik, dan relevan dengan konteks Indonesia.


Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang perilaku organisasi, Anda dapat mendownload buku Perilaku Organisasi Stephen Probbins Pdf 14 secara gratis di situs-situs berikut:


  • Perpustakaan Nasional RI



  • ResearchGate



  • Academia.edu



Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar lebih banyak tentang perilaku organisasi. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis.


Tips dan Trik untuk Menerapkan Perilaku Organisasi di Tempat Kerja




Setelah mempelajari perilaku organisasi dari buku Perilaku Organisasi Stephen Probbins Pdf 14, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menerapkan ilmu tersebut di tempat kerja Anda. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda coba untuk meningkatkan perilaku organisasi di tempat kerja Anda:


  • Ketahui diri Anda sendiri. Salah satu hal yang penting dalam perilaku organisasi adalah memahami kepribadian, nilai-nilai, sikap, motivasi, emosi, dan gaya kerja Anda sendiri. Dengan mengetahui diri Anda sendiri, Anda dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja Anda dan berinteraksi dengan rekan kerja Anda dengan lebih baik.



  • Ketahui orang lain. Selain mengetahui diri Anda sendiri, Anda juga perlu mengetahui kepribadian, nilai-nilai, sikap, motivasi, emosi, dan gaya kerja orang lain di tempat kerja Anda. Dengan mengetahui orang lain, Anda dapat menghargai perbedaan-perbedaan yang ada dan berkolaborasi dengan rekan kerja Anda dengan lebih efektif.



  • Komunikasikan dengan jelas. Komunikasi adalah kunci dalam perilaku organisasi. Anda perlu berkomunikasi dengan jelas, tepat, dan sopan dengan rekan kerja Anda. Anda juga perlu mendengarkan dengan aktif, memberikan umpan balik yang konstruktif, dan mengatasi hambatan-hambatan komunikasi yang mungkin terjadi.



  • Ambil keputusan dengan bijak. Pengambilan keputusan adalah salah satu proses yang penting dalam perilaku organisasi. Anda perlu mengambil keputusan dengan bijak, berdasarkan fakta-fakta yang ada, analisis yang rasional, kreativitas yang tinggi, emosi yang stabil, dan etika yang baik. Anda juga perlu melibatkan rekan kerja Anda dalam pengambilan keputusan dan menghormati keputusan yang telah dibuat.



  • Jadilah pemimpin yang baik. Kepemimpinan adalah salah satu faktor yang memengaruhi perilaku organisasi. Anda perlu menjadi pemimpin yang baik, yang dapat memberikan visi, misi, tujuan, strategi, arahan, dukungan, inspirasi, pengaruh, dan contoh yang baik bagi rekan kerja Anda. Anda juga perlu menjadi pemimpin yang fleksibel, adaptif, demokratis, partisipatif, dan transformatif.



Selesaikan konflik dengan baik. Konflik adalah salah satu fenomena yang tidak dapat dihindari dalam perilaku organisasi. Anda perlu selesaikan konflik dengan baik,


Kesimpulan




Perilaku organisasi adalah bidang ilmu yang sangat penting dan menarik untuk dipelajari karena dapat memberikan pemahaman dan wawasan tentang perilaku manusia di dalam organisasi. Perilaku organisasi juga dapat memberikan panduan dan rekomendasi bagi para manajer dan praktisi organisasi untuk mengelola dan meningkatkan kinerja, efektivitas, dan kesejahteraan organisasi dan anggotanya.


Buku Perilaku Organisasi Stephen Probbins Pdf 14 adalah salah satu buku referensi yang sangat bermanfaat dan populer dalam bidang perilaku organisasi. Buku ini menyajikan berbagai konsep, teori, model, aplikasi, studi kasus, dan isu-isu terkini yang berkaitan dengan perilaku organisasi. Buku ini juga ditulis dengan gaya yang mudah dipahami, menarik, dan relevan dengan konteks Indonesia.


Artikel ini telah membahas secara singkat tentang apa yang dibahas dalam buku Perilaku Organisasi Stephen Probbins Pdf 14 serta memberikan beberapa tips dan trik untuk menerapkan perilaku organisasi di tempat kerja. Artikel ini juga telah memberikan beberapa situs yang dapat Anda kunjungi untuk mendownload buku Perilaku Organisasi Stephen Probbins Pdf 14 secara gratis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar lebih banyak tentang perilaku organisasi. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis. ca3e7ad8fd


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
bottom of page